Welcome to my notes !

Anggiify Notes

Notes suka-suka

SEVEN DAY QUEEN : Drama dan Sejarah [ Kisah Cinta Raja Jungjong dan Ratu Dangyeong ]

By 07.49.00 , , , , , , , , ,





Aaah~ this my first update after hiatus for a long time. Akhirnya rasa malas menulis  gue terkalahkan juga :D Gak jauh-jauh pemicunya adalah drama korea dan oppa. Salah satu drama yang saat ini menarik perhatian gue adalah Seven Day Queen / Queen for Seven Days. Drama sageuk yang mengisi slot rabu-kamis di KBS2 ini mengangkat latar cerita pemerintahan Joseon, era Raja Yeonsangun. Gue sebenernya sudah pernah mengintip cerita pemerintahan  Yeonsangun lewat drama MBC Rebel Hong Gil Dong, tapi itu sama sekali gak menghalangi niat gue buat mantengin SDQ. Malah gue senang karena bisa lebih tau sejarahnya. Itu alasan kedua sih karena yang pertama adalah gue gak mau ketinggalan liat Yeon Woojin pakai Hanbok :D




Sageuk yang sudah gue tonton baru ada  beberapa dan biasanya gue lebih fokus sama cinta-cintaannya doang, baru deh saat gue nonton Six Flying Dragons rasa kepo gue terhadap sejarah aslinya terpicu. Sebelum lanjut bahas SDQ gue mau coba absen sageuk apa aja yang sudah pernah gue cicip.

>> Jewel In The Palace
>> Iljimae
>> Dong Yi
>> Three Musketeers
>> Jang Ok Jung
>> The Princess Man
>> Six Flying Dragons
>> Scholar Who Walks at Night
>> Mirror of the Witch
>> Secret Door
>> Scarlet Heart Ryeo
>> Saimdang Light Diary
>> Tree With Deep Rooted


Untuk dua drama paling atas gue sudah gak begitu ingat alur lengkapnya hhihii dan sejauh ini pure/klasik sageuk adalah favorit gue dibanding fusion sageuk. Nah, kalau Seven Day Queen ini menurut gue tetap termasuk klasik sageuk soalnya era pemerintahan dan tokoh-tokoh dalam drama  sebagian besar memang ada dalam sejarah. Jadi kalau kita nonton sambil kepoin sejarah aslinya akan lumayan nyambung. So, yuk mari kita kenalan sama tokoh-tokoh dalam drama sekaligus tokoh sejarahnya.

Raja Yeonsagun

-        --Raja Yeonsangun / Lee Yung adalah Raja Joseon ke- 10 ( bertahta 1494-1506). Yung naik takhta menggantikan Ayahnya- Raja Seonjong yang meninggal. Di awal pemerintahan Yeonsangun adalah Raja yang cakap dan bijaksana, namun perubahan drastis Yeonsangun di mulai ketika ia mengetahui alasan mengapa ibu kandungnya- Lady Yoon diturunkan dari tahta, di asingkan dan kemudian meninggal (yang ternyata di racun). Menurut sejarah era Yeonsangun adalah era tergelap joseon, ia di kenal sebagai “Tiran Terburuk” yang memerintahkan melakukan pembersihan berdarah terhadap para ilmuwan dan mengubah istana menjadi tempat nya bersenang-senang.

Pada akhirnya Yeonsanggun berhasil di gulingkan melalui kudeta, ia di asingkan dan meninggal di pengasingannya di tahun 1506. Selir Jang Noksu, Feme Fatale dalam sejarah yang mendukung pemerintahan tiran Yeonsangun pun dihukum penggal. Begitu juga dengan putra-putra Yeonsangun yang masih kecil.

Asli! kalau kalian baca lengkap sejarahnya serem dan sadis banget. Bahkan Joseon perlu waktu 2 abad untuk bangkit dari trauma pemerintahan Yeonsangun.

Dalam Seven Day Queen kekejaman Yeonsangun (yang diperankan oleh Lee Donggun) bukan hanya karena ia ingin mengembalikan anumerta ibundanya, tapi dipicu juga oleh rasa dengki pada adik tirinya (beda ibu) karena mendiang Raja Seonjong membuat wasiat agar tahta kelak diberikan pada Pangeran Jinseong/Lee Yeok, padahal Yung adalah Putra Mahkota. Wasiat tersebut dibuat oleh Raja Seonjong (yang dalam keadaan sekarat) atas desakan para pejabat istana. Bagi Yeonsangun Pangeran Jinseong yang semakin tumbuh dewasa adalah ancaman atas tahta dan kekuasaannya.
Hmm Kenapa mereka (pejabat istana) memilih Yeok yang saat itu masih anak-anak? Apakah mereka sudah melihat potensi Yeok atau karena mereka adalah musuh-musuh Lady Yoon sebelumnya?

Jujur gue kaget waktu Lee Donggun menerima peran yang sempat ditolak Jin Goo ini, ini pertama kalinya gue melihat dia berperan antagonis (well, medekati bengis). Dan waw doi sukses bikin gue ngeri dan benci sama Yung.

Pangeran Jinseong / Lee Yeok

-        -- Pangeran Jinseong / Lee Yeok / Raja Jungjong adalah Raja Joseon ke 11 yang naik tahta menggantikan Yeonsangun melalui kudeta (bertahta 1506-1544). Jungjong di kenal sebagai “Reformator” karena usaha besar-besarannya memulihkan kekacauan politik dari era sebelumnya.

Nah, Seven Day Queen inilah yang akan mengantar kita pada proses pelengseran Raja Yeonsangun ke Raja Jungjong. Diceritakan Pangeran Jinseong (diperankan oleh Yeon Woojin) adalah seorang pangeran yang ceria, suka bersenang-senang dan tidak peduli pada politik atau ketentuan istana. Meski berkali-kali sudah meyakinkan kakaknya kalau ia sama sekali tidak tertarik dengan tahta, Yeonsangun tetap merasa terancam hingga akhirnya karena suatu kejadian Pangeran Jinseong yang masih remaja diasingkan. Dalam perjalanannya ke pengasingan Pangeran Jinseong diserang oleh sekolompok orang yang ia pikir adalah orang suruhan Yeonsan untuk membunuhnya.

Semua orang menganggap Lee Yeok sudah mati, padahal ia berhasil selamat dan hidup dalam persembunyian. Yeok, bersama kelompok pendukungnya diam-diam menolong rakyat  yang kesusahan karena kekejaman Raja (kayak Hong Gil Dong jadi pahlawan misterius hehehe) sampai akhirnya ia kembali ke ibu kota bertekad untuk mengambil tahta kakaknya.
 
Lee Yeok ketika di persembunyian

Aduh.. pas nulis bagian dibawah ini perasaan gue campur aduk karena memang kisah Raja Jungjong dan Ratu Dangyeong ini menarik. Baik versi sejarah maupun versi SDQ. Gue akan ceritain sedikit versi drama dan versi sejarah asli dari sumber yang gue dapat, dalam bagian Ratu Dangyeong di bawah ini.

Shin Chaekyung

-         -- Shin Chae Kyung, kelak menjadi Ratu Dangyeong (dipernakan oleh Park Minyoung) adalah Putri dari Penasihat Negara- Shin Su Geun (pendukung setia Yeonsangun). Sejak kecil ia ‘di asingkan’ oleh  orang tuanya di sebuah desa terpencil karena sebuah ramalan  megatakan jika Chae Kyung dekat/memiliki hubungan dengan anggota kerajaan maka akan terjadi banyak pertumpahan darah. Walau begitu, Yeonsangun sudah menetapkan Chae Kyung sebagai mempelai untuk Yeok, mau tak mau perjodohan itupun di lakukan. Meski awalnya menolak di jodohkan, akhirnya Chae Kyung dan Pangeran Jinseong (yang masih remaja) salling mencintai.

Pangeran Jinseong & Shin Chaekyung saat remaja yang sudah bikin baper

DISINILAH AWAL KEBAPERAN DI MULAI!

Karena suatu kejadian Pangeran Jinseong diasingkan dan berpisah dengan Chae Kyung sebelum mereka menikah. Kalau mau tau cerita masa-masa gemas pacaran dan reunian mereka setelah dipaksa pisah, silahkan tonton drama Seven Day Queen yaaa~ siapin bantal buat di gigit-gigit, dan tisu juga :D Kalian-kalian yang sudah nonton dan fallin in love sama drama ini pasti ngerti dan paham banget sama perasaan gue, bisa gak sih dalam seminggu hari nya Rabu-Kamis aja!

Ratu Dangyeong adalah istri pertama Raja Jungjong dan satu-satunya istri saat Jungjong masih bergelar Pangeran Jinseong. Menurut catatan sejarah Ratu Dangyeong adalah Ratu/wanita yang paling disayang oleh Jungjong. Ratu Dangyeong merupakan penyelamat Pangeran Jinseong dari kekejaman Yeonsangun yang menganggap Pangeran Jinseong sebagai bagian dari musuhnya. Yeonsangun tidak bisa membunuh Pangeran Jinseong karena Ratu Dangyeong adalah keponakan dari Ratu utama Yeonsangun- Lady Shin (Lady Shin adalah adik dari ayah Ratu Dangyeong- Shin Su Geun). Karena jika Pangeran Jinseong dibunuh/diasingkan sebagai pengkhianat, maka seluruh keluarganya pun akan di anggap pengkhianat. Artinya Istri Pangeran Jinseong, termasuk Shin Su Geun dan Lady Shin akan di gulingkan dan di anggap pengkhianat juga. Hal ini akan mempengaruhi kedudukan dan kekuasaan Yeonsangun sebagai Raja. Shin Su Geun yang juga merupakan ipar Raja tetap mendukung tahta Yeonsan yang saat itu di kudeta, demi melindungi adiknya- Lady Shin. Namun pada akhirnya kudeta terhadap Yeonsangun berhasil, Yeonsangun dan Lady Shin pun diturunkan dari tahta. Keputusan Shin Su Geun yang bersikukuh berpihak pada raja tiran itupun membawa petaka besar. Karena semua keluarga, kerabat dan pejabat yang selama ini mendukung Yeonsangun dieksekusi mati.


Keberhasilan kudeta ini membuat Lee Yeok naik tahta. Seiring dengan diangkat suaminya menjadi raja maka Dangyeong pun menjadi ratu. Kenyataan Dangyeong sebagai anak dari Shin Su geun membuat kebersamaannya dengan Lee Yeok harus berakhir. Mengingat ia adalah anak pengkhianat kerajaan dan keponakan dari ratu yang digulingkan. Alasan tersebut cukup membuat Dangyeong di gulingkan dan diasingkan. Jungjong yang saat itu menjadi raja berkat para pemberontak tidak bisa berbuat banyak karea posisi dan pemerintahannya lemah. Raja Jungjong hanya mampu mempertahankan poisi Ratu Dangyeong selama satu minggu.

Pengasingan ratunya membuat Jungjong sangat berduka. Konon Jungjong sesekali mengunjungi pengasingan ratu untuk melihat keadaannya, tapi beliau tidak pernah menampakan wajah didepan istrinya. Sebagai bentuk kerinduannya, raja sering menatap kearah pengasingan. Hingga Raja Jungjong meninggal ia tidak bisa mengembalikan istrinya ke istana. Tiga belas tahun setelah kematian suaminya Ratu Dangyeong akhirnya meninggal.

**Tapi  intro drama Seven Day Queen, Ratu Dangyeong nya mau di hukum gantung?? T.T**

Sebenarnya gelar “Ratu Dangyeong” bukanlah gelar keratuannya. Sebelumnya Dangyeong tidak pernah di anggap sebagai ratu pertama Jungjong. Gelar tersebut di berikan oleh Raja Yeonjo sebagai penghormatan pemulihan namanya.

Setelah pengasingan Dangyeong, Jungjong mengangkat ratu lain dari klan Yoon, yang kemudian diberi gelar keratuan “Ratu Janggyeong”. Dalam Seven Day Queen, Ratu Janggyeong sepertinya diceritakan sebagai Myung Hee (diperankan oleh Ko Bogyeol) yang merupakan salah satu kerabat ibu suri (ibu Lee Yeok) yang membantu hidup Yeok selama dipersembunyian dan membatu rencana balas dendamnya. Kemudian dalam drama Yeonsangun dan Myung Hee adalah bagian dari kisah cinta segiempat antara Yeok dan Shin Chae Kyung. Hhhhhh padahal hubungan Raja Jungjong dan Ratu Dangyeong kurang complicated gimana sih??

Myunghee

Sedikit curhat!

Di episode 5-6 kemarin gue merasa banget kalau Yeok adalah pihak yang paling tersakiti. Setelah keluar dari persembunyian, memang tubuh Yeok sudah sembuh, sudah sehat, sudah bisa jalan bahkan berantem. Tapi nyatanya psikologis Yeok masih sangat-sangat terluka. Ia masih trauma dengan kejadian saat ia diserang ketika dikirim ke pengasingan. Selain itu dia harus hidup dengan nama lain, terus menyangkal kalau dirinya adalah Pangeran Jinseong meski Chae Kyung sudah tau siapa dia sebenernya. Gue sedih waktu Yeok berkata-kata kasar dan membawa Chae Kyung ke “Makam Pangeran Jinseong” cuma supaya Chae Kyung berhenti ngejar-ngejar dia. Tapi gue bisa mengerti alasan kenapa Yeok melakukan itu semua.

Begitu Yeok muncul lagi ke ibukota yang ia dapati adalah Chae Kyung yang malah sangat dekat dan akrab dengan kakaknya, Yeonsangun. Sementara selama ini Yeok hidup menderita di persembunyian. Padahal Chae Kyung sendiri tahu kalau Yeonsangun adalah penyebab perpisahan mereka, orang yang membuat calon suaminya di asingkan dan akhirnya ‘meninggal’.

Hhhhhh... Gue gak heran sih kenapa drama ini benar-benar mempengaruhi mood dan psikologis gue #halah. Chemistry cast, OST, BGM, plot, cinematrogafi nya keren, kece dan bikin baper tingkat pakai banget. I just spend the week rewatching all of episodes over again >.< Hanjakal SDQ ratingnya bontot sekali, apa karena plot tragedinya sudah bisa diliat akan sad ending? The ending like will surely be sad, but if you watch Scarlet Heart Ryeo then your heart is ready for another heartbreak HAHAHAHAA

Rating jelek bukan berarti dramanya gak bagus ya kan! Fighting King Jungjong! Fighting Queen Dangyeong! We always pray for happines for both of you ^^




credit :
www.soompi.com
www.dramabeans.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Jungjong_dari_Joseon
www.deleigeven.blogspot.com
www.newworldencyclopedia.org/entry/Joseon_Dynasty



You Might Also Like

87 komentar

  1. Terima kasih mba Anggi untuk review dan info latar balakang sejarah dari drama SDQ ini, jadi tambah semangat aku mengikutinya...

    Sejauh ini, SDQ ini menjadi salah satu drama ongoing yang aku suka. Karena drama ini berdasarkan sejarah. Waaah kalau begitu saya harus mempersiapkan diri lagi untuk menangis dan galau untuk beberapa bulan ke depan setelah drama ini selesai hahaha setelah SHR mem-php-in aku "our poor heart" ;)

    xoxo

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 shirley :) udh mau mampir dan baca tulisan ku, terima ksh juga.

      siapin hati juga buat ngeliat gemes nya CLBK Yeok-Chaekyung, seberat apapun hidup yg mereka jalanin mereka ttep so sweet :D
      aku sendiri msh tetep ngarep kalo ending nya bisa bahagia hhehhe

      Hapus
    2. Setuju mba.. Karna drama ini berhasil buat diri saya ngepoin sejarahnya. Walaupun berdasarkan sejarah tp Sangat menyedihkan dan disayangkan bagaimana seorang raja yang g bisa melindungi istri yang katanya sangat dicintai. Tp salut juga sama kesetiaan dan kesabaran ratu dan-gyeong sdh kehilangan orang tua keluarga diasingkan pula sama suami..hukum joseon terlalu berat sepertinya. Dan terima kasih buat penulis atas artikel yang sangat membantu untuk kita para pencinta drakor terutama drama saeguk yang berdasarkan sejarah nyata

      Hapus
    3. Kalo dlm sejarah jungjong ga ikut skema pemberontakan sih, dia langsung di tunjuk jd raja. Makanya dia gak punya kekuasaan penuh saat itu. Butuh waktu cukup lama sampai ia bener2 bisa mengukuhkan kekuasaan nya. Sejarah asli nya sedih, drama nya apalagi T .T

      Hapus
    4. Iya mba sangat menyedihkan dan drama nya menyentuh penonton. Blom move on dari episode-episode sebelumnya malah sisa 2 episode lagi drama tsb selesai... Jika boleh minta sm writernimnya tolong tambah 1 episode bts ny juga gak apa2.. Soalnya sdh ng'shipin chemistry PMY & YWJ... 😭

      Hapus
  2. I don't care about rating...
    Tetap setia nonton Seven Days Queen...
    Drama on going yang paling kutunggu & yang paling kusuka saat ini...

    Thank you mba Anggi infonya...aku jadi makin faham dengan latar belakang dari drama Seven Days Queen ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaap masa bodo sama rating yang makin jeblok, plot nya makin lama makin intens... yuk ah perkuat squad #TeamYeok :D

      makasi juga mbak Nadya udh mau meninggalkan jejak komen nya ^^

      Hapus
  3. I don't care about rating...
    Tetap setia nonton Seven Days Queen...
    Drama on going yang paling kutunggu & yang paling kusuka saat ini...

    Thank you mba Anggi infonya...aku jadi makin faham dengan latar belakang dari drama Seven Days Queen ini...

    BalasHapus
  4. nangis lagi kan gue ah chinguyaaaaa ㅠㅠ kalo udah gini rasanya pengen peluk ujin oppa HUHUHUHUHU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo peluk dan jangan lepaaas our Bong oppa >.<

      Hapus
  5. Setuju banget, ceritanya bagusan SDQ daripada Ruler, pas waktu mereka kecilnya itu lho bikin baper😭
    Makasi kak infonya🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada 1 episode pun ddimana aku gak ngerasa baper T.T

      Hapus
    2. Bener banget lebih Bagus cerita ini dari pada ruler

      Hapus
    3. Aku ga nonton Ruler sih.. Tp liat review beberapa orang, makin ke belakang cerita nya jd kurang kuat kata nya.

      Hapus
  6. Iya, Nggi, bener *sok kenal* dramanya bikin kejer beneran, padahal dulu awal nonton dramanya ini cuma gegara terpesona sama yeon woo jin di posternya itu haha dan jadi keterusan sampai berpaling dari drama sebelah yang rating-nya lebih wow itu 😂 yes, rating emang bukan parameter drama itu bagus atau enggak kok, selera orang kan beda-beda
    ini OST, BGM, sama ceritanya emang bagus dan kuat banget yak haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mbak Ana, yeaay ketemu lg nih sama pecinta mas Yeon Woo Jin ^^
      Gak ada 1 eps pun yg plot nya sia-sia yah.. Asli keren banget siih. Kadang drama rating rendah itu malah harta karun tersembunyi yah 😀

      Hapus
  7. Thanks for sharing... I am really glad for read this blog. Ah... Drama saeguk me many selalu nyaman untuk di nanti dan dinikmati terutama yang real history...


    Akting yang totalitas dan plot drama yang menarik menjadi daya tarik sendiri buat nih drama.
    Really love this drama very much!!! Apalagi akting mereka dak perlu banyak skinship just look at their eyes and how they see each other... Absolutely... Good chemistry

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketiga lead actor drama ini patut banget dpt best award ><

      Tiap yeonwoojin sama parkminyoung saling tatap aku ikut melebur jd abu rasanya

      Hapus
    2. Sama mb anggi,smp skr aq blm bisa move on dr SDQ,plotny bagus,pemainny bagus,chemistryny jg dpt,sedih wkt jungjong bermimpi hidup bahagia dan pny anak dg chae kyung😭,danggyeong bnr2 seorg ratu dan istri yg baik

      Hapus
  8. Drama favoritkuuuu bangetssss.....

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Wahhh.... Suka banget sama drama ini chingu :* gak peduli ratingnya rendah. Thanks reviewnya 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. drama ini lbh banyak menarik perhatian penonton international dr pada penonton di korea nya ya..
      Terima kasih juga udh berkunjung kemarin chingu :)

      Hapus
  11. Serius ya min.. myung hee yang jadi ratu berikutnya.. ahh gak rela..����
    Jujur drama ini bagus .. makasih min repensi nya ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di liat dr marga nya sih iya, 2nd queen marga Yoon bgitu jg Myeong Hye. Tp aku rasa SDQ gak akan nyeritain sampai pengangkatan 2nd queen sih. Makasi jg kunjungan nya^^

      Hapus
  12. Anyeong mb anggi.. Review nya cakep. Makin cintah sm SDQ pertama nonton udah jatuh cinta...all in keren semua.smpe belain searching sejarah ni drama eh nemu blog mb anggi. ^^ paket lengjap reviewnya.Semangat nonton SDQ yuk ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga udh suport SDQ, karena memang drama ini berhak dapet banyak cinta. Baik para aktor, maupun tim produksi nya mereka semua JJANG!

      Hapus
  13. Seneng nemu tulisan ini 😁
    Ini drama adalah salah satu drama saeguk yang tiap episodenya itu bisa buat gue bertahan nonton tanpa skip skip 😅
    Plot ceritanya nggak bertele-tele. Penyampaian karakternya pas banget. Dan chemistry tiap tokohnya kuat banget.
    Nonton ini serius capek banget. Permainan emosinya ampun lah, gue dibikin cengar cengir sampe gigitin selimut di menit pertama, terus tiba2 dibikin darah tinggi di menit berikutnya, dan kemudian dibikin nangis bombay di menit berikutnya lagi 😓 Scriptwriter-nya jahat bat 😢
    Tiap episode drama ini sangat layak ditunggu. Meski udah tau kalau akhirnya pasti sad ending kalo beneran adaptasi sama cerita aslinya :')
    Mungkin itu sebabnya ya ratingnya nggak terlalu bagus di korea meski kualitas dramanya patut diacungi 4 jempol :(
    Dan disini gue dibikin jatuh cinta abis-abisan sama chemistry Park Minyoung dan Yoon Woojin 😳 Gue beneran ikut tersiksa ngikutin kisah cinta Yeok sama Chaekyung 😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, drama terbaik yg bener2 bikin menguras emosi dan senyum2 geli sama chaemistry yeok dan chaegyung. walaupun sudah siap hati ini sad ending, tapi tetep berharap ada keajaiban datang,.gakuat kalau mereka harus terpisah lagi.
      siap2 nonton episode 17

      Hapus
    2. Makin menuju akhir, konflik nya makin pelik. Jangan kan adegan yg sedih ya.. Sweet moment Yeok-Chaekyung aja aku jadi nangis.

      I will ship, Yeon Woo Jin and Park Min Young in real life hehehe

      Hapus
  14. Makasih mba anggi,, aku juga salah satu yg hobby nonton hystorical drama nya korea haha...
    Tp SDQ memang bagus banget ceritanya,, karakter dr masing2 nya bagus,, ran bikin baper maksimal adalah chemistry yeok -shin chae bener dapetttt,,, pas sedih bisa nangis maksimal hehehe...
    Di negerinya sana memang sepertinya kalau drama yg sdh tau dr sejarah rattingnya pasti kurang bagus walau sebenarnya filmnya bagus,,

    Ya kalau ak lihat seperti kemaren scarlet heart ryoe ini salah satu drama sageuk favorot sku juga,, di negerinya sendiri rattingnya paling bontot di slotnya,, walau ceritanya bagus hehehe....

    Yang belum pada nonton yukkk merapaaattt download sudah sampe 16 episode loh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awal nya aku jg gak peduli sama rating nya yg cuma bisa sampai 3% tapi makin lama ini drama makin bagus banget jd greget kenapa siiih ga ada yg minat ngelirik. Tp nama nya selera orang beda2, alhamdulillah nya ep 18 kemarin tembus juga rating lucky 7 :))

      Hapus
  15. Aahhhh.... Baper maksimal inimah. Mksh mba utk cttannya..
    Blm move on dr SHR skrg Baper SDQ.. 😭😭
    Ga masalah rating dsna jlek (krn sad ending) tpi buat aq cerita dr sejarahnya dan ditambah bumbu2 romancenya bikin Baper #ahahahahah
    Sedih bgt tau sejarah aslinya, mreka ga prnh ktmu lgi stelah ratu digulingkan... OMG #patahhatigw
    Anw, mreka ga pnya ank ya??

    Skli lagi tks mba anggi.. Gbus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut sumber yg aku dapat, mereka ga bertemu lagi sampai akhirnya Raja meninggal duluan. 13 tahun kemudian baru lah Dangyeong jg meninggal. Sayang sekali mereka gak punya anak, itu jg jd salah 1 alasan knp Dangyeong gak bisa di pertahankan posisi nya di istana.

      Hapus
    2. mbak anggi saya termasuk yg telat baru nonton SDQ hhe. berarti di ep 20 yg punya anak 2 itu hanya bayangan atau mimpi raja ya??
      Terus raja dapat surat dari ratu dangyeoung yg bilang apalagi sekarang kamu udah jadi ayah dari anak laki2 itu anak siapa?berarti anak ratu myoung itu?
      tks mba atas review nya, jjur g ngerti endingnya tadinya hho.

      dan itu beneran meninggal d pangkuannya ratu (dalam cerita aslinya?)?

      Hapus
    3. Hai Mba Ratih, gak ada kata telat untuk nonton kdrama kok jadi gakpapa :))
      Kalau menurutku bayangan Yeok-Chaekyung main2 sama anak kecil itu hanya mimpi Yeok aja T.T
      Sementara kalau surat itu kurasa bagian dr kenyataan, jd anak yg diceritakan di dlm surat memang anak dari ratu kedua Jungjong. Tp di drama ratu kedua tsb gak di ceritakan siap-siapanya.

      Kurasa ending Yeok meninggal di pangkuan Chaekyung itu hanya tambahan dr drama. Karena di sejarah aslinya Jungjong-Dangyeong gak pernah ketemuan lagi setelah ratu diasingkan.

      Hapus
  16. Mbak anggi makasih byk sudah buat tulisan ini...aku juga suka bgt dengan seven day queen gk pernh ketingglan per episodenya selalu bikin baper....tp gk rela klo yeok hrs sm myong hee....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampai yaah drama nya nyinggung2 soal 2nd queen. Pokoknya cukup ceritain Yeok - Chaekyung aja ><

      Hapus
  17. argh,ga sabar nonton episode 17. walaupun udah donload,,
    yg gue sesalkan kenapa ayahnya chaegyung tetep berpihak sama raja yg dzolim. yg membuat anaknya juga harus terpisah dari org yg dicintai :'(
    yeok dr awal dan akhir sudah terluka, masa jadi raja juga dia masih harus terluka..
    gakuat liat mereka berdua terpisah lagi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Menteri Shin keukeuh smp akhir nyawa nya lbh memilih jd "orang nya Yeonsan" kalau aja dia tetap diam di rumah dan gak ngelawan prajurit Snail Bride (spt di ep 18) pasti dia masih hidup, Chaekyung mungkin gak akan di gulingkan.

      Banyak yg ngedo'ain Yeokyung bahagia, semoga writernim mengabulkan ya :)

      Hapus
  18. Terbaper. Selama paruh 2017 belum nangis nonton drama saeguk dan ini ni yang buat baper. And i know ur feeling mbak 😂😂😭😭😭😭 ostnya baper parah yg dear cloud 😭😭😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Cloud suara nya tuuh aduuh..
      Tp aku paling suka sama ost yg di nyanyiin Jujinggo, cuma denger mp3 nya aja langsung di otak berkelebat adegan2 Yeokyung >,<

      Hapus
    2. Iya bener banget 😭😭😭 setiap denger ost nya hati ini seperti tersyat2

      Hapus
  19. Gilaa gilaa parahh keren bgt kak bisa ngejelasin itu semua makasih juga, udah nggak berasa dramanya tinggal 2 eps lagii arghhhh nggak mau sad ending tpi klo dibuat happy ending juga aneh dari cerita aslinya emang sad ending. Tpi diluar itu semuaa keren bgt dramanya air mata nggak pernah bisa brentii buat liat 😢😢😢😢😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena aku beneran jatuh cinta sama drama ini, gak bisa bantu naikin rating jd cuma bisa suport dgn nulis review di blog :))

      Parah siih ep 17-18 beres nonton aku langsung ngerasa meriang. Sediih minggu depan udh ga bisa ketemu Yeokkyung 😢

      Hapus
  20. Gilaa gilaa parahh keren bgt kak bisa ngejelasin itu semua makasih juga, udah nggak berasa dramanya tinggal 2 eps lagii arghhhh nggak mau sad ending tpi klo dibuat happy ending juga aneh dari cerita aslinya emang sad ending. Tpi diluar itu semuaa keren bgt dramanya air mata nggak pernah bisa brentii buat liat 😢😢😢😢😢

    BalasHapus
  21. Kira2 sad ending apa happy ending ya.. Berharap happy ending 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau nya happy ending, tp kalau writer lbh milih ending yg realitis sih aku gpp asalkan Chaekyung nya tetap hidup, jangan di hukum gantung kaya di preview T.T

      Hapus
  22. seriusan cerita aslinya myung hee yg jd ratu nya? aaaaarrghhh nyebeliiiiinnnn. kenapa hrs kyk gt sih kehidupan raja, emang gk bs ya dimaafin gt kek ratu chaegyung nya hiks hiks baper parah 😭😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Chaekyung / Dangyeong gak salah. Tp sejak awal posisi nya dia memang sangat rumit. Serba salah.. Dia keponakan Ratu nya Yeonsan, jd kalau Yeonsan kenapa-napa CK jg kena akibat nya. Kalau Yeok gagal dlm revolusi pun dia akan jd istri pemberontak. Poor our Queen T.T

      Hapus
  23. Thankyou sudah diperjelas diblognya hehe aku juga sedih gitu ya berharap tidak sad ending. Kalo ada scene pangeran sama chae kyung aku replay berkali kali soalnya mereka jarang bahagia dan hidupnya sedih banget. Ga berasa besok udah tamat dan harus move on sama drama lain

    BalasHapus
  24. aku berharap di drama selanjutny ywj sm pmy ktmu lgi..ending ceritanya happy happy ending..buat nebus drama sad ending ini 😂😂😂😂

    BalasHapus
  25. Menurut gW lebih nyentuh drama seven day queen dibanding ruller... ini drama berhasil bikin gW baper berhari2

    BalasHapus
  26. Mohon tegar , chaekyung sama aku aja , kasian kan jokir jomblo hingga akhir 😂😂

    BalasHapus
  27. Saya juga nangis sampe 10 kali 😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ditampung mungkin airmata kita buat SDQ udah jadi kolam renang sis >.< #lebay whehe

      Hapus
  28. Ternyata bukan saya aja yg terlalu emosional sm drama ini.. Baru nntn drama ini krna kmrn2 lg mls2an nntn drama korea dgn alasan pemaen2ny ga terlalu menarik.. Hahaha dan bnyk yg baru2 juga.. Tp gara2 liat ulasan drama ini di akun ig ttg drama2 korea ktanya ini bagus banget.. Akhirnya nntn dan bneran ikutan baper smpe nangis smpe dihubung2in sm masalah pribadi (alias lg galau) di episode 15 brhenti gegara greget nntnnya jdlah nyari di mbah gugel sejarah asli kerajaan ini dan sampailah ke page ini..

    Dan thankyou banget yah udah review sejarah asli dan versi dramanya.. Menambah wawasan lgi.. 😂😂 mau lanjut nntn lagi aaahhh... 😘 gomapseumnida..

    BalasHapus
  29. Ceritanya kan mudah dilupakan,saya sbg penggemar drama kolosal. Paling sukak drama ini sumpah,ending nya jlebbb,meski lebih baik drpada kisah nyata nya

    BalasHapus
  30. Ceritanya kan mudah dilupakan,saya sbg penggemar drama kolosal. Paling sukak drama ini sumpah,ending nya jlebbb,meski lebih baik drpada kisah nyata nya

    BalasHapus
  31. Ceritanya kan mudah dilupakan,saya sbg penggemar drama kolosal. Paling sukak drama ini sumpah,ending nya jlebbb,meski lebih baik drpada kisah nyata nya

    BalasHapus
  32. drakor paling keren menurut saya. tiap episode saya pasti nangis.... tapi jadi benci ama myung he hahahaha... mungkin ada yg nganggap saya agak lebay...tapi beneran.. setiap episode saya nangis. apalagi episode trakhir...duh ngenes banget😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu gak sendirian kook~ aku juga pas nonton keeezeel sama myung hee,benci sama Yeonsan, nangis tiap kali nonton, trus sakit hati berhari-hari setelah liat endingnya T.T

      Hapus
  33. Aq ga benci sama yeonsan,malah kasihan,seandainy lady yoon tdk d racun mgkn dia akan jd raja yg hebat,siapa sih yg ga dendam ibu yg dicintainy dibunuh,dia dibenci org2,mkny dia mengharap cinta chae kyung,lht drama ini airmataq slalu mbrebes mili

    BalasHapus
  34. Ssedih ketika liat yeonsan menangis di pangkuan ibu suri.. Ibu suri nangis. .Mngkin kasian sama yeonsan ..Kehilangan ibu nya . Kehilangan kasih sayang ayahnya . :') sampai ibu suri bilang, hiduplah di kehidupan mendatang sbg putriku:')
    Akhir cerita mmg gak sesuai sama sejarah. Karna kalo menurut sejarah, Raja jungjong hanya melihat dr jauh area pengasingan Ratu dangyeon. .Gak pernah ketemu sampai Raja wafat. .
    Cerita chae gyung dan lee yeok mmg rumit:')
    drama ini ngalahin baper nnton drama Queen In hyuns man :D

    BalasHapus
  35. Saya baru selesai nonton QSD hari ini.tp ga bisa tidur karna masih baper.jadi kepo sama sejarah aslinya sampe nyari di google, dan nemu blog ini. Asli drama ini bener2 bikin emosi naik turun.

    BalasHapus
  36. Wah akhtrmasuk shipppernya chaekyung sm raja hehe..
    Aku kasian bgt sm raja, gak pernah merasa benci sedikitpun sm dia, meskipun dia dianggap sbg raja yg jahat dan kejam, malah aku bnr2 ngerasaiin penderitaan yg dialami. Dan ngerti knp dia smpe bgitu. Dan aslinya raja yeonsan juga baik kok, dia jahat ada sebabnya, coba prince dri awal mensupport Raja dan bisa menyakinkannya psti gak bkal ada tragedi

    BalasHapus
  37. Penonton SDQ yg paling telat bapernya ,karena baru tau dan nonton drama nyaah 😂😂 saya ngebayangin sedihnya Lady Shin dalam kisah nyatanya..setelah nontin drama ini sering bertanya,ada juga yaa kisah nyata yg sampai segitunyaa??😭😭
    Drama ini mengajarkan saya arti kesetiaan,tetap percaya dg org yg mau kita percaya dan memegang teguh janji.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah cocokan yeonsangun sama chaeyoung,tapi karena di sejarah gak ada, ya apa boleh buat .
      Soalnya raja yeonsangun sayang sama chaeyoung.liat aja setiap chaeyoung terluka pasti dia menggila.ngerobek hanbok myunghee pakai pedang, sebenarnya kalau dilihat dari drama SDQ,raja yeonsangun cinta sama chaekyung.

      Hapus
  38. Pengalaman gue nonton drama dari jepang sampe korea, cuma drama ini yg bisa bikin gue kepo dan bela"in baca sejarahnya. rate 10/10 dari gue pribadi, awal nonton gue cuma pengen liat PMY doang karena gue fans nya. Tapi pas nonton episode 1-3 (belom ada PMY) gue malah ketagihan dan ngelanjutin ampe tamat, ceritanya bikin baper dan gue orangnya ga pernah nangis nonton drama sad ending, tapi drama ini bikin gue keluar air mata, makasih buat mba anggi udah buat note sejarahnya :)

    BalasHapus
  39. Kayaknya yg bantu nyelamatun pangeran yeok ntr JD ratu ke 3..biarin lah namanya jg raja pasti lha dijodohin suruh nikah...yg pasti sampai akhir hayat cm ratu pertama cinta pertama dan terakhirnya...itu yg so sweet abessss

    BalasHapus
  40. Wah mba ... Makasih loh reviewnya. Btw, sejujurnya aku nonton SDQ awalnya spy bisa move on dr Terius Behind Me. Nemu di VIU, aku coba nonton daaan ga nyangka ternyata ceritanya luar biasa. Bener2 menyayat hati apalagi liat endingnya hiks. Lbh menyayat lg pas tau sejarahnya aslinya. Hiks mewek dah

    BalasHapus
  41. aduuh jatuh cinta banget sama pangeran jinseong waktu dia masih bersembunyi. macho, ganteng, laki banget.Tapi waktu liat yeosangun pertama kali ketemu chaegyeong pas berendam kliatan peyutnya, oooohhh melted saia. Aku puter ulang terus pas adegan itu wkwkwkwk :D

    BalasHapus
  42. Dari daftar drama saeguk Kayakny tdk ada the moon that embraces the sun yah? Padahal sepanjang sejarah perdramaan ku, this is the best saeguk ever. Urutan kedua scarlet heart.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena tMetS itu Novel fiksi , nggak ada sejarahnya

      Hapus
  43. Aku suka sekali sama kemiripan para pemeran kecil dan dewasanya. Meereka seperti dua orang yg benar benar tumbuh dewasa. 👏 setiap kali liat lee yeok dewasa pasti kadang teringat masa kecil nya dia,ini yg bikin saya tambah baper krna lupa kalo ini ternyata cuma drama.

    BalasHapus
  44. Terima kasih review.nya
    Ini saya masih baru episode 1
    Gegara nonton i wanna hear your song. Akhirnya saya nonton introverted boss (padahal dulu g seneng bgt, tpi skrg dibikin baper.)trus nglirik SDQ.

    BalasHapus
  45. Min, mau tanya, Chaekyung dulu diasingkan (dijauhkan dari anggota kerajaan) dimana ya?

    BalasHapus
  46. Sebenarnya udah lama sih aku nonton drama SDQ, tapi entah kenapa pengen nonton lagi karna aku liat rantingnya udah naik jadi bagus, drama SDQ memang bagus sampe aku gk bisa move on, sampe nyari artikel tentang drama SDQ eh nemu ini deh mbak anggi. Aku juga sama pemerannya sampe pemeran remajanya pun mirip dan pemeran lainnya mereka semua bagus. Pokoknya drama SDQ ini bagus banget.

    BalasHapus
  47. Yang bikin bingung , Ratu Shin yang turun tahta ternyata 1 masa dengan Raja Jungjong / Yeok dengan Saimdang dan Jang Geum.

    tapi kenapa di Saimdang Yeok nya amat sangat sadis atau kekeliruan dari jalan cerita Saimdang ya...

    BalasHapus
  48. Seertinya latar waktunya sama dengan latar dae jang geum (jewel in the palace).
    soalnya di jewel in the palace, ayahnya jang geum yg ikut mengeksekusi ratu yg di racun, makanya ayahnya janggeum mati dieksekusi di masa pemerintahan raja yeonsangun yang balas dendam kematian ibunya, dan di kudeta akhirnya. Dan pas jang geum masuk istana udah masuk masa pemerintahan raja jungjong.

    BalasHapus
  49. 2020 nonton queen for seven day baper dari awal nonton siap2 tisu, nangis Mulu gue nonton nya, park min young aduhhh bikin gue tambah love love aja dan cocok banget sama Lee yeok, pokoknya rekomen tonton ini bikin Nangin trus baper, tapi kesel juga sama kakaknya. Biar penasaran mending nnton drama nya keren sumpahhhhhhhhhh

    BalasHapus
  50. Terima kasih mbak Anggi atas infonya. Seneng banget dapat keterangan mengenai apa yang terjadi secara sejarah soal Raja Jungjong dan Ratu Dangyeoung. Baru kali ini nonton drakor yang bikin penasaran mau tau gimana cerita sebenarnya. Rasa ingin tau itu terbayar dengan adanya blog ini dan komentar-komentarnya. Superblah, sehat dan sukses ya mbak anggi!

    BalasHapus
  51. Aduhh aku baru nonton bulan agustus 2021.. udah tau SDQ dari lama.. ternyata pas udah nonton keren bangeett askqhsss
    Meleyot liat tatapannya pangeran huhu

    BalasHapus
  52. Sdh selesai nonton Queen for seven days..dan suka bgtt krn based on true story dan sejarah jd makin semangat..hbs nonton trus googling smua ttg raja dan ratu nya...hiks sedih ga sls sls ngebayangin perjuangan raja junjojong dan ratu dangyeong yg tragis sekali...cintanya abadi mashaallah..and tkubutk tulisannya..jd bs sambil sharing hehe..sukses dan ditgg tulisan drama saeguk yg based on true story lg ya

    BalasHapus

Bagaimanapun kronologisnya kalian bisa sampai di Notes gue ini, entah sengaja karena suka tulisan gue atau karena nyasar semata, pokoknya terima kasih karena sudah mau berkunjung dan berkomentar ^^