Welcome to my notes !

Anggiify Notes

Notes suka-suka

MV & SONG REVIEW DAY6 “LETTING GO”

By 08.46.00 , , , , , , , , ,



Sebelumnya biarkan gue mengucap syukur alhamdulillah kepada Tuhan Ynag Maha Esa karena DAY6 resmi comeback dengan DAYDREAM nya 160330 kemarin. Rasanya DAY6 seperti terlahir kembali, dengan formasi berlima, album baru, lagu baru, mv baru, dan juga tampilan bang leader yang baru, leader desa gue sekarang lagi tahap transformasi jadi leader gawl. 


Rangkaian spoiler DAYDREAM ditutup Oleh V LIVE DAY6 REHEARSAL STUDIO LIVE tanggal 29 kemarin pukul 11.30 pm KST sambil menunggu detik-detik rilisnya MV Letting Go. Di siaran V itu juga DAY6 untuk pertama kalinya bawain Congratulations tanpa Junhyeok, ngeri-ngeri baper lah gue partnya Im Fairy dihibah ke bang Sungjin.
Gue pengen sih review semua lagu yang ada di DAYDREAM, sayangnya gue adalah orang yang awam soal musik. Maka itu gue cuma cuap-cuapin tittle track dan mv nya aja. Secara garis besar semua member ikut partisipasi di mini album ini, mulai dari lirik dan nge-compose juga.

Ada 6 track yang mejeng cantik di DAYDREAM :

1.      FIRST TIME
2.      BLOOD
3.      LETTING GO (title track)
4.      SING ME
5.      I HOPE
6.      HUNT

As always ya menurut lagu-lagunya deisik sangat ear catching, musiknya mereka tuh beda dari yang lain. Gue nggak paham gimana ngejelasin nya, intinya dengerin lagu mereka tuh kayak bukan lagi dengerin musik kpop. Nah lagu ‘Blood’ sendiri vibe nya kok berasa Maroon5 bagi gue :D

Oke, let’s beggin to review “Letting Go”

Lirik ‘Letting Go’ yang emosional itu di tulis oleh YoungK dan Wonpil. Sebelum liat seluruh liriknya gue udah dapet sinyal kalau ini lagu maknanya makjleb. Dan setelah gue liat translate nya, i feel this song already breaks ma heart. Bahasa liriknya nggak neko-neko, simple, nggak pakai kiasan aneh-aneh, dan makna nya nyampe banget. Semacam kayak seseorang lagi curhat, ngalir gitu aja.

Lagu di awali dengan “A~aaaa~ aaa~” yang gue nggak paham apa maksudnya tapi malah menambah cantik lagu ini.  Kemudian Jae yang pertama nyanyi sambil diirngi petikan gitar solonya, kebaperan gue udah langsung terpancing aja sama suara galaunya, penekanan kata yang Jae lakuin di liriknya ini menggambarkan kegalauan banget.

I got something to say, Let’s meet up
Now we sit silent, Facing each other
I keep thinking in my head
Should I say this or not
Although I don’t want to
Kemudian masuk reffren part nya uri Sungjin, demi apa gue sambil nonton MV nya langsung ngeblank, nggak konsen. Aiguuu~ so flawless, so mellow, so putus asa and so so so. Sempet gue liat ada komen yang bilang kalau Sungjin nyanyi terlalu ngabisin member lain, yah wajar mas.. mbak.. doski kan main vocal. Dalam satu album, tiap member punya jatah ‘part paling banyak’ kok dari lagu lainnya, kecuali Dowoon yang memang belum diizinkan(?) untuk sumbang suara.

I’d been holding on to you for so long
But now I must let go
There’s nothing I can do for you
It’s the only way to make you happy
So I let go, let go, let go

So you can smile someday
So you can be happy
Setelah reff pertama masuk partnya Young K, liriknya menyiratkan ke-susah move on-an. Walau Cuma 5 baris pendek, tapi maknanya bikin gue ketawa miris. Ada yang kaget waktu tau YoungK ini rapper tapi pas nyanyi biasa vocal nya nggak kalah badai.

I remember our good times
The days of laughter and fun
Memories ever so precious
Fill up inside me
Although I don’t want to

Dari Young K balik lagi ke part reff nya leadernim, di susul sama partnya si pangais bungsu Wonpil, si empunya chipmunk voices, si member yang paling sibuk dengan instrumentnya :D part ini makna nya yang paling frustasi, ibaratnya udah keputusan final kalau Wonpil bener-bener akan melepas si gadis. [eh.. si gadis apa si Junhyeok? -_- eh si gue yang masih belom bisa nge-Noah-in si Jun T.T]

Holding on to you
Will do you no good
I know, so I struggle to get you out
The times we had together, our dear memories
I let go, let go, let go
So you can smile someday
Lanjut ke part rapp nya Young K, especially the “Mmm” nya itu jadi racun tersendiri. Rapp beres langsung disambut lagi sama part reff nya Sungjin dengan nada tinggi, aseliii ini klimaks yang apalah-apalah banget >.< apalagi suara Wonpil langsung nyamber dengan emosionalnya dan ngelahap lagu sampe ending diiringi dentingan keyboard.

Ah let go, let go,
The bright future we sought together
I know I know we can no longer
Wish for a happy ending
Like the land hardens after the rain
Pain is only temporary, someday you will meet
someone who can make you happier
That’s the kind of love you deserve
I got to say good bye right now
MV Letting Go memang nggak ada storyline nya, tapi di tiap scene gue yakin itu semua mengandung makna. Yang buat mv adalah orang yang sama dengan yang pernah buat mv Dumb, Dumb –nya Red Velvet, vibe nya sama dengan duplikat-duplikat member dan latar background warna putih. Letting Go ini makin kerasa “day6 banget” selain lirik lagu yang sepertinya dedicate to Jun, mv nya juga pure di bintangi mereka. Member nggak Cuma nyanyi sambil ngebawa instrument masing-masing, tapi Jae dan Sungjin berkesempatan untuk menunjukan skill akting galau mereka.

Lighting nya juga keren menurut gue, blue light gitu. Kesan sadness nya jadi keluar banget. Sementara waktu Jae nyanyi part pertama, dia pindah ke ruangan bernuansa cokelat muda. Jae duduk sendiri di depan sebuah meja, (seolah) to tell his love that he’s letting go. Tapi bagi Jae sendiri itu tentu nggak mudah dan dia juga frustasi, di gambarkan dengan Jae yang sitting on another side of table dan sekelilingnya di penuhi gitar-gitar rusak yang berserakan.

Sungjin nyanyi dengan duplikat dirinya sendiri, seolah dia sendiri terjebak dengan keadaan yang ada. Mobil rusak yang ada bersama Sungjin seolah menggambarkan hubungan mereka yang sebenarnya nggak akan bisa di perbaiki lagi kalau Cuma Sungjin sepihak yang selama ini berusaha mempertahankan. Sama seperti Jae, satu sisi diri Sungjin ingin si cewek bertahan dengannya tapi sisi lain dirinya ingin membiarkan si cewek pergi. Oh shit! 
Young K juga nyanyi bersama 8 duplikat nya yang dengan posisi berbeda-beda , ditemani dengan seorang Wonpil di tengah-tengah. Gue mikir keras kira-kira kiasan dari scene ini apaan, tapi pikiran gue mentok :D untunglah gue menemukan hipotesis dari seorang fans, katanya piano yang di mainkan Wonpil itu ibarat kehidupan baru yang terus berlanjut, sementara piano yang yang nggak dimainkan ibarat kenangan lama yang tetap dimiliki Young K.
Selanjutnya ada 7 duplikasi keseluruhan band, wow jadi DAY35 :D 7 duplikasi menggambarkan deisik yang hanya akan lengkap jika dilengkapi Sundays sebagai hari ke 7^^ 
Masih ada scene lain yang bikin baper lagi dari mv ini. Apalagi kalau bukan keyboard yang nggak bertuan? Di scene ini Wonpil hanya berada di depan Synth nya. Ibaratnya, posisi Junhyeok di DAY6 dan di hati fans itu nggak bisa digantiin oleh siapapun, nggak peduli meskipun si keyboard punya tuan yang baru sekalipun itu Wonpil. [uhuuks.. hipotesis seorang fan gagal move on]
keyboard tak bertuan

Lanjut ke outfit, hairstyle dan make up. Jae with hoodie jacket nya, emang ciri khas banget. Semua member tampil badas, apalagi Young K yang memang udah gahar dari sananya. Dan Dowoon.. oh.. Dowoon ini anak mulai songong loh! Sok-sok manly gitu dengan mic di balik tumpukan drum nya.

>.< Semua member 3 kali ganti kostum, dan berikut adalah moment ganteng mereka :

Jae

Sungjin

Wonpil

Dowoon

Young K
Overall, mv Letting Go ini sebuah karya yang cantik, simple tapi artistic banget. Lagunya sendiri amazing, emotional rock but sounds soft. Lagu yang cucok buat comeback. Sebenarnya “The Day” sama “DAYDREAM” masih punya konsep yang sama, soft rock. Cuma vibe nya aja yang beda, Tittle track nya DAYDREAM lebih galau dan suram. 

Kalau di The Day urutan lagu kesukaan gue :  Colors >> Out of My Mind >> Congratulations >> Free >> It became Habit >> Like the Sun.

Sementara untuk DAYDREAM : Letting Go >> Sing Me >> Blood >> First Time >> I Hope >> Hunt

Tengkiyu buat yang udah mampir nengokin cuapan gue yang panjang ini :D maapkeun aku kalau ada hipotesis ngaco yang nggak berdasar, hayati hanyalah seorang gadis yang nggak bisa memilih satu diantara Kang Ha Neul & Park Sungjin :D

SEKALI LAGI CONGARTULATIONS FOR MA BOIS, DAY6! :*

You Might Also Like

6 komentar

  1. Noah noah noah...

    Ntah punya ikatan lahir dan bathin apa merekka sama si ariel, rilis mv nya barengan sama meninggalnya babeh nya ariel..
    Oke bhay.. 😝

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya bener.. jd merinding gw, mungkin mereka pny hubungan berbagi inspirasi yg mengikat batin

      Hapus
  2. pas tau Day6 mau comeback agak sedikit kecewa si, soalnya kaget aja salah satu memeber Day6 ada yg keluar, sedih banget so yg awalnya mengebu gebu, pas tau jyp mau neluarin band yg bernama Day6 sempet ngekepoin dan penasaran banget sampe nyari nyari albumnya pulang kuliah langsung ke orchard sampe ke marina bay shooping centre dan akhirnya dapet juga dengan susah payah dan pas denger berita Junhyuk keluar aku langsung lemes banget, jadi pas dengen lagu letting go aku keiinget Junhyuk seeddiiihhhh......
    Eh jadi curhat, baper soalnya denger lagi Day6 ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sedih bgt emg pas tau Jun keluar T.T
      pdhal day6 udh pket lengkap bgt >.<

      Hapus
  3. Ngakak* sedih baca review'y.. But thanks for your review :)

    BalasHapus
  4. Hai hai,,reader baru di tahun 2020 nih,,,makasih ya kakak buat review-nya,,suka aku tuuhhh,,tapi jadi sedih masaa,,padahal lagi di kampus rame ,,,makasih sekali lagi kak

    BalasHapus

Bagaimanapun kronologisnya kalian bisa sampai di Notes gue ini, entah sengaja karena suka tulisan gue atau karena nyasar semata, pokoknya terima kasih karena sudah mau berkunjung dan berkomentar ^^