Welcome to my notes !

Anggiify Notes

Notes suka-suka

Experiment Cooking, Cemilan Jadi-jadian

By 17.49.00 ,


Musim hujan memang bikin BAPER alias bawaan laper *pake nyalahin hujan emang doyan aja kali*. Di tempat tinggal gue kalau pagi cuaca cerah ceria kayak orang jatuh cinta tapi menjelang dzuhur awan hitam sudah mulai mengambil alih dan hujanpun tak terhindarkan. Nah ditengah hari yang hujan ditambah udara dingin kaya gitu cacing-cacing di perut gue biasanya semakin gencar Ke-Ron-Cong-an. Tapi laper ditengah hujan tuh kurang pas aja kalau diobati dengan makan nasi *gue sih gitu*, makanya gue pun cari alternatif cemilan yang bisa bikin kenyang.

Pagi tadi gue coba bereksperimen membuat cemilan yang murah meriah *karena gue tipikal cewek ngirit kalo kepepet*, dan tentu nya bisa bikin kenyang. Terinspirasi dari makanan khas daerah dua provinsi di Indonesia Palembang dan Bandung (?) . Gue berdarah setengah sunda tapi gak tau Comro teh asalna ti Jawa Barat palih mana XD. Gue gak tau mesti menamai makanan ini apa, soalnya blasteran antara Empek-empek jadi-jadian (karena gak pakai ikan) dan Comro gituhlah pokoknya mah. Mungkin aja ada yang tertarik mengikuti eksperimen tak berasuransi gue *karena kalau gagal tanggung sendiri akibatnya XD*, gue akan share How to make it ;)

Bahan dasarnya sih bahan untuk membuat Empek-empek yaitu, tepung terigu dan sagu. Untuk isiannya kalau Empek-empek biasanya kan diisi telur kali ini gue akan isi dengan oncom yang biasanya dijadikan isian Comro. Kalau lo mau isi dengan yang lain bisa banget kok. Biar lebih jelas :
bahan dasar

1.       Tepung terigu, sesuai kebutuhan lo aja mau bikin nya segimana banyak kalau gue sih ½ kilo.

2.       Tepung sagu, takarannya harus lebih sedikit dari terigu yah, disini gue pakainya ¼ kilo aja.

3.       Bawang Putih yang sudah di ulek, makin banyak bawang putihnya makin enak kok , kalau gue pakai sekitar 3 buletan itu loh (apasih namanya 3 siung yah? hehe)

4.       Garam dan penyedap rasa secukupnya, terserah dirimu mau pakai merek apa aja XD

5.       Oncom tumis yang sudah di hancurkan, ngertikan? Kalo kata orang sunda mah di tutug gitu.

6.       Bakso sapi yang di potong kecil-kecil.

Step membuatnya butuh kesabaran dikit dan waktu lebih dikit. Jadi gue sarankan kondisi perut lo lagi gak kelaperan banget yah hahaha. Gue sih bikinnya pagi-pagi setelah sarapan jadi “Cemilan Hujan Blasteran” ini di makannya siang-siang pas hujan, nggak hujan juga gak apa-apa sih XD.

1.   Langkah pertama adalah masak tepung terigu dengan bawang putih halus sampai matang. Hati-hati air nya jangan kebanyakan. Gue sih masukin air nya dikit-dikit, jangan berhenti di aduk terus. Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya.
2.     Kalau adonan nya sudah matang pindahkan ke wadah baskom atau apalah lalu masukan tepung sagu sedikit-sedikit dan aduk pakai tangan aja. Sampai adonan nya kalis dan gak lengket. Mending adonan tepungnya di bagi dua biar gampang.
ini dia adonan yang sudah matang
3.       Nah kalau adonan nya sudah tercampur dengan cantik, comot sedikit (sesuai keinginan lo aja mau buat yang sebesar apa), bulat-bulat lalu pipihkan (jangan terlalu ditekan, nanti kalau terlalu tipis bisa bocor dan isiannya jadi amburadul), masukan tumis oncom dan potongan bakso nya, ambil ujung adonan dan lipat seperti bikin pastel atau Empek-empek model kapal selam gitu.
4.       Selama lo membentuk adonan, sebaiknya lo juga sambil memasak air untuk merebus adonan yang sudah di bentuk. Jadi pas semua adonan sudah terbentuk air nya juga matang lo bisa langsung merebusnya. Kalau adonan yang direbus sudah mengambang artinya sudah matang, bisa diangkat dan ditiriskan.
penampakan adonan yang siap goreng
5.       Kalau lo gak sabar pengen cobain, langsung aja deh goreng si “Cemilan Hujan Blasteran” setelah di tiriskan, sebelum itu taburi sedikit tepung biar gak lengket. Karena gue males ribet, gue gak buat kuah cuka ala Empek-empek, cocol aja pakai Saos atau keletuk cabe gue sih :D
penampakan cemilan hujan blasteran yang siap di santap^^
Enaknya sih di makan pas anget-anget, jadi gue menggorengnya suka ngedadak aja kalau pas mau di makan. Adonan yang sudah direbus itu gue simpen aja di kulkas. Gimana gaes gampang kan bikin nya? Cuma butuh tenaga dikit aja pas ngaduk-ngaduk adonannya. Selamat mencoba^^.

You Might Also Like

10 komentar

  1. Gue yang asli Palembang aja cuma pernah satu kali bikin empek2, itu juga adonannya kayak donat, wkwkwkwk..
    Congrats, Anggi. Enak tuh kayaknya. Apalagi kalo makannya bareng Kang Haneul, aih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku jg bikin empek2 brp kali gagal mbak.. malah mirip cireng krn kekerasan..

      makan brg haneul apalagi disuapin mah cabe juga jd manis kali :D

      Hapus
  2. mirip bikin Buns atau Bakpau ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohya? soalnya sya blm pernah buat bakpau hihi

      Hapus
  3. Aku pernah nggi bikin pempek, nggak pake ikan juga, tapi isiannya normal pakai telur dan berhasil ^^

    woaahh jadi terinspirasi kalo isiannya diganti bakso atau sosis yah^^ gue nggak berani kalo dicampur oncom bhahahaha *nggak dikasih asuransi soalnya* :p

    ehh itu gedget disamping udah nongol lagi ajaaa.. aaakkkk ajarinnnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayulah kpn2 bikin pempek isian leeminho hahaha

      Hapus
    2. Gue laminating atuhlah itu si pempek ><

      Hapus
  4. OMG, seriusan bikin sendiriii?
    keren ih, aku mah suka malesaaaan...
    Sukanya beli di abang-abang aja bhahahaha...

    Boleeeeh kirim-kirim ke Bandung lah :))

    BalasHapus
  5. Aniweeeeey...
    Aku lagi nonton Reply 1988 lho dan SUKAAAA banget!
    Kayaknya ini bakalan jadi seri reply favorit ku lhoooo, plot nya kuat banget dan kisah cintanya cuma dimunculin dikit-dikit doang bikin gemes dan geregetan bhahahaha...

    Duh, tapi sub nya kok lamaaaa...hiks...
    Mungkin karena jatuhnya wiken kali yah, para subber pun butuh piknik juga kan yah hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama teh.. gegara Replay 88 drama lain jd hambar wkwkwk..

      subber indo pda males ngesub krn durasi nya yg lama teh.. menyita wktu piknik mereka jadinya..

      Hapus

Bagaimanapun kronologisnya kalian bisa sampai di Notes gue ini, entah sengaja karena suka tulisan gue atau karena nyasar semata, pokoknya terima kasih karena sudah mau berkunjung dan berkomentar ^^