Welcome to my notes !

Anggiify Notes

Notes suka-suka

Aku & Wonu, Me Before You

By 06.31.00 , , , , , ,


Gue pengen cerita sedikit tentang hubungan gue dan Jeon Wonwoo atau biasa gue manggilnya dengan panggilan sayang Wonu. Wonu adalah salah satu dari ketiga belas populasi abege rebel rasa adik-rasa anak-sesekali rasa pacar (dengan mengesampingkan kenyataan tentunya). Cerita yang pertama, belakangan gue merasa ada beberapa kesamaan antara Wonu dan adek kandung gue, tentunya bukan secara fisik. Belum terlalu lama sejak gue kenal Wonu, anaknya ternyata pendiem, cenderung tertutup, gak suka menunjukan perasaan sebenernya dan punya ekspresi wajah yang menurut gue terbilang cuek bin angkuh- disinilah letak kesamaannya dengan adek gue. Adek gue tuh kalau lagi EROR bisa gak ngobrol sama orang rumah seharian. Dia tipe yang gak begitu suka ngobrol ngalor-ngidul apalagi curhat. Bahkan gue dan nyokap sering jengkel karena kalo di tanya dia sering susah jawabnya begitu juga kalo kebanyakan ditanya jawabannya suka macem orang sewot, pokoknya pelit suara. 

Me & Jeon Wonu lokal vers

Cerita kedua adalah gue dan Wonu sama-sama hobi nonton dan baca. Sejak tau fakta bahwa doski suka baca gue penasaran tipe cowok cool macem dia bacaannya buku seperti apa. Gue sendiri menyadari kecintaan gue sama membaca dan buku sejak SD. Waktu kecil gue suka membaca apapun tulisan yang gue lihat di jalan, poster, spanduk, plang-plang di toko pokoknya tulisan-tulisan yang nempel-nempel di sembarang tempat. Sampai saat ini level bacaan gue masih sekitar karya fiksi, teenlit, novel, cerpen komik yang penuh imajinasi gitulah pokoknya. Dan gue kurang suka baca buku Mata Pelajaran, kecuali buku pake B. Indonesia :D Selama ini gue belom pernah baca buku yang ‘serius’, buku biografi pun gue baru baca 3 judul, biogrfari nya Pak Dahlan Iskan, Pak Ahmad Dahlan dan Pak Dedi Padiku. Itupun gue baca karena buku biografi mereka di racik seperti novel.
Sebenernya yang agak mainstream itu bacaan gue di awal-awal gue mulai menyadari hobi membaca gue, gue baca nya Majalah Misteri punya bokap. Dulu bokap langganan MM tiap bulan. Majalah nya sampe berkardus-kardus di rumah, miris nya gue nggak pernah di beliin majalah anak. Sekarang gue tau dari siapa gue mewarisi kecintaan gue terhadap buku :D


Sekarang ini gue mulai coba menaikan sedikit level bacaan gue. Mulai tahun lalu gue coba baca buku terjemahan, yaah masih jenis novel juga sih. Awalnya agak malesin karena bahasanya kaku dan bikin mata gue pegel tapi lama-lama agak terbiasa dan ternyata ada juga bahasa terjemahan yang luwes di baca mata gue. Awalnya gue Cuma memilih buku/novel terjemahan Jepang dan Korea, tapi kemarin gue baru aja beres namatin baca novel terjemahan barat untuk pertama kali nya.. yeeaaay! dan itu semua karena Wonuyaaaaaaa^^
 
Bulan lalu pas main-main ke sukira Wonu cerita kalo dia baru aja selesai baca buku Me Before You, dan buku itu meninggalkan kesan “sad after reading” menurutnya. Kemudian gue cari review nya di internet dan ternyata buku tersebut juga ada versi terjemahan indonesia nya, gue langsung berapi-api pengen tau buku kayak gimana sih yang di baca Wonu. Perjuangan buat dapetin MBY juga gak gampang karena gue musti ngubek-ngubek olshop dan nanya-nanya temen-temen siapa tau ada yang punya dan gue pingin pinjem. Setelah nemu di Tokopedia pun gue gak bisa langsung beli karena saat itu gue lagi dapet tugas jagain abah di Rumah Sakit.
 

Gue gak pernah ngerasa sia-sia membuang waktu gue berjam-jam bahkan berhari-hari buat sekedar baca novel, ngabisin sekian rupiah buat beli novel-novel. Koleksi gue belum banyak karena gue baru mulai membeli buku yang gue baca 2 tahun belakangan, dulu gue lebih sering pinjem dari perpus atau penyewaan atau beli ebook legal atau donlot yang ilegal lebih sering lagi :D Wonu udah membuka jalan gue untuk lebih luas lagi dalam memilih kategori bacaan, cukup surprise Wonu baca novel macem Me Before You. Kalau diliat dari sinopsis nya MBY nyaris sama seperti novel romance kebanyakan, kisah cinta dua manusia “beda kelas”. Walau intinya bukan status sosial yang jadi penghalang masa depan indah keduanya, MBY gak se- simple itu. Novel ini mengangkat tema dignitas, tema yang sentimentil dan masih kurang ‘wajar’ bahkan di negara barat. Mungkin next time gue bakal curhatin isi novel ini lebih lanjut.

Bagi orang-orang tertentu baca-baca novel dan teenlit-teenlit gitu tuh keliatanya hampir seperti gak ada faedah nya, buang waktu buat berdelulu dan pegel-pegelin mata doang. Gue juga dulu sempet mikir gitu, ngapain gue baca cerita beginian? Tapi membaca adalah kegiatan yang baik, suatu kegiatan yang baik pasti memiliki manfaat. “Buku adalah jendela dunia” katanya begitu kan? dan menurut gue itu mencakup buku apa aja sekalipun novel. Dari membaca novel dan teelint yang semacem itu gue juga sambil belajar dan nambah wawasan. Belajar gak harus di sekolah dan baca buku pelajaran aja kan? Biasanya dari novel-novel begitu gue bisa dapet pelajaran soal kehidupan, lebih ke wawasan yang humanisme, atau hal-hal sepele yang gak di bahas di sekolah tapi sebenernya bisa sangat mempengaruhi cara berpikir seseorang atau minimal bikin pembacanya ‘tersentil’ hanya lewat dialog. Lewat membaca novel gue bisa ikut ngerasain gimana sedihnya orang lain, senengnya orang lain, senang-susah-ruwetnya kehidupan orang lain seolah-olah gue tau semuanya tentang si tokoh dan menebak-nebak takdir akhirnya si tokoh akan seperti apa, jadi sensasi tersendiri yang gue nikmati. Sebuah penghiburan dan pelajaran yang di sampaikan dengan cara yang unik dan gak membosankan, itulah kenapa karya fiksi terutama novel termasuk sesuatu yang emejing menurut gue^^.

Oke udah kepanjangan juga celotehan gue di pagi ini, see u di post selanjutanya~~ hepi Monday hepi fasting... dan Get well soon Wonuyaaa.. fighting! Carats love yu Sebongs love yu :*


Gomawo juga buat readers yang bersedia nyasar ke notes receh gue *sawer serebuan sekresek* kalau kalian tau buku yang asik bisa banget rekomenin ke gue, lagi pingin nambah koleksi thriller nih ada yang bisa kasih saran?

You Might Also Like

7 komentar

  1. Kirain mo bahas novelnya.. (-_-)
    Kalo novel thriller aku kurang tau, tapi kalo fantasi rada horor bisa coba Neil Gaiman yang judulnya Coraline. Untuk novel Indonesia, ada Satin Merah dan Misteri Patung Garam.
    Btw Anggi ternyata manis juga, hihihi.. baru ini liat mukanya agak jelas, biasanya dari jauh terus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. part 2 nanti aku pisahin review novel nya wkwkw

      oke noted ya rekomen nya^^ udh serem tuh judulnya

      aah leidi gk pernah sekrol ig aku aja itu mah.. banyak potoku jaman dulu kok :D

      Hapus
  2. Gak rela eta si wonu versi lokal TT TT

    Pinjemlah mit novelnya :D wkwk

    BalasHapus
  3. Aku jg ngirain mau bahas isi novelnya :D

    BalasHapus
  4. Aku ga hobi baca makanya ilmunya cetek, bhahaha...
    Sang idola bisa menginspirasi, keren in wonu!
    Ditunggu cerita tentang bukunya yakkk

    BalasHapus

Bagaimanapun kronologisnya kalian bisa sampai di Notes gue ini, entah sengaja karena suka tulisan gue atau karena nyasar semata, pokoknya terima kasih karena sudah mau berkunjung dan berkomentar ^^