Welcome to my notes !

Anggiify Notes

Notes suka-suka

K-MOVIE “SOCIALPHOBIA” : Bahaya nya komentar di dunia maya

By 06.11.00 , , , ,

Film yang udah gue anggurin selama lebih dari 7 bulan akhirnya bisa gue tonton juga. Bukan nggak niat nonton awalnya, tapi karena kalau gue paksain nonton juga percuma karena nggak ada subtitlenya. Pernah sekali gue coba nonton 20 menit awal tapi gue malah frustasi sendiri. Setiap gue buka Subscene gue selalu search keyword “Socialphobia” tapi hasilnya selalu nihil, heran apa nggak ada subber kece yang mau nerjemahin film ini? Wae? Wae?. Padahal gue udah ngebet pengen ngecengin si om Byun. Akhirnya Allah mendengar juga salah satu do’a gue, berkat kepopuleran Ryu Jun Yeol- tanpa perlu gue jelasin juga pada tahu kan alasannya ada juga subber yang nerjemahin film ini.


Info Movie 

Judul                            : Socialphobia
Director                       : Hong Seok Jae
Rilis                             : 12 Maret 2015
Bahasa                         : Korea
Negara                         : Korea Selatan


--

Di jaman yang serba digital dan modern gini merasa kudet nggak sih kalau kita nggak punya akun Social Media? Kalau jawaban gue sih, IYA. Menurut gue Sosmed itu penting (banget), alasan gue yang utama adalah sebagai salah satu sarana untuk fangirlingan, alasan lainnya adalah jawaban standar seperti orang-orang, untuk mempermudah komunikasi dan memperluas silahturahmi. Karena tujuan utamanya untuk fangirlingan, gue hampir nggak pernah membahas masalah kehidupan pribadi di sosmed. Bisa diliat twitter, IG sampai blog gue isinya 80% soal kokoreaan.

Adanya internet dan sosial media ini memang punya sisi baik buruknya. Dengan  sosmed kita bisa bebas mengeluarkan pendapat kita pribadi, mau saran bahkan sampai kritikan. Tapi biarpun ada kata “bebas” bukan berarti sembarangan, apalagi kalau sampai menyingung perasaan, harkat dan martabat manusia *Apa banget ini bahasa gue? -_-* nah, Sochialphobia ini adalah salah satu film yang mengangkat masalah tersebut.

Bercerita mengenai dua orang pemuda, Kim Ji Woong (Byun Yo Han) dan Ha Young Min (Lee Jung Seung) yang tengah bersiap menghadapi ujian untuk menjadi anggota polisi. Saat itu sedang ada topik heboh di internet mengenai kematian seorang prajurit tentara yang mati. Ada sebuah akun dengan username Re Na (twitter) yang malah komen nggak sopan di artikel tersebut dan memicu kemarahan pengguna online lainnya. Yang demen kokorean tahu kan gimana kritisnya K-Netz? Mereka nggak sungkan kalau komentarin yang pedes-pedes sekalipun. Gue bingung bagaimana menceritakan sosok si Re Na ini karena di awal-awal sosoknya di sembunyikan dari penonton, pokonya komentarnya nyolot, kasar, dan jahat perlu di ketahui si akun Re Na ini adalah seorang cewek bernama Min Ha Young.

Makin lama kasusnya semakin besar, Min Ha Young jadi pembicaraan panas di berbagai forum online dan di judge disana-sini. Suatu malam Young Min mengajak Ji Woong untuk pergi menemui sosok Min secara langsung, berangkatlah mereka dengan 7 orang lainnya, salah satunya Yang Ge si Mr. Bubble (Ryu Jun yeol), Mr. Bubble ini punya sebuah chanel Yutub yang gue nggak apaham isinya apaan aja Bhahaha. Selama perjalanan ke rumah Min Mr. Bubble mendokumentasikannya / meliputnya secara online. Namun ketika mereka tiba di rumah Min mereka menemukan Min telah tewas gantung diri.
Karena semua kejadian itu diliput secara online, hal itu langsung jadi berita mengejutkan juga. Mereka ber-9 sempat di jadikan saksi oleh polisi tapi bagi masyarakat lain mereka adalah pembunuh Min. Saat Ji Woong cs mencoba menonton rekaman mereka sendiri mereka menemukan keanehan yang membawa pada sebuah kecurigaan kalau kasus Min kemungkinan adalah sebuah pembunuhan, mengingat Min yang memiliki banyak sekali musuh. Ji Woong cs akhirnya mulai menyelidiki kasus ini, dengan harapan jika mereka bisa menangkap pembunuh Min nama mereka akan kembali bersih dan akan menjadi sebuah nilai plus untuk Ji Woong – Young Min yang akan masuk kepolisian. Tapi benarkah Min ini dibunuh? Lalu kira-kira siapa pembunuhnya? 

Filmnya nggak horor tapi Background Music nya kadang ngehoror-in gitu, Lumayan banyak adegan yang bikin tegang dan was-was (note : ada beberapa twist yang mengecoh juga). Beberapa kali gue merinding karena ngeri melihat “kritis” nya para netizen yang mengarah ke Cyber Bullying. Kalau dilihat sekilas akar masalah dari film ini tuh sepele tapi sebenarnya bahaya juga. Awalnya gue berpikir kalau Ji Woong cs kurang kerjaan banget ngeladenin orang macam Min Ha Young, dan lagi mereka itu kan cowok. Entah mungkin mereka merasa harga dirinya terinjak-injak? Istilah “Jarimu harimau mu” kayaknya memang ada benarnya juga. O-ho.. bisa dibilang sih kalau gue ini seorang maniak internet tapi, semoga gue nggak termasuk sebagai netizen yang menyalahgunakan sosial media. Kalau masalah saling cekcok berebut bias mah gak masalah asal sama orang yang udah akrab dan saling memahami, Buahahaa. 

Untuk film yang udah gue idam-idamkan sejak lama “Socialphobia” nggak mengecewakan. Bingungnya dapet, bromacenya dapet, tegangnya juga, pesan moralnya? ADA BANGET. Nggak percaya? nonton aja dan serap sendiri :D Walau kasusnya terkesan nggak masuk akal tapi hal semacam itu memang terjadi juga di dunia nyata. Lucu yang menyeramkan.. seperti itulah kira-kira. Di awal-awal gue susah fokus juga sama gigi kawatnya Jun Yeol yang mentereng, mana gayanya sok fashionista banget, jauh sama Jung Pal :D Sepanjang film ini pokonya cium sayang gue curahkan teruntuk kang mas Byun :* aktingnya kalau kata Iis Dahlia mah udah apalah-apalah banget. Kerennya lagi ini cowok selalu pinter pilih project :***
Mr. Bubble yang swaaag bin gahool
Yang udah nonton Socialphobia juga, bolehlah share pendapat kalian mengenai film ini.. karena beberapa orang yang gue tanyai menilai kalau film ini ‘garing’. Semua tergantung selera dan tingkat ke-bias-an pada pemain juga kayaknya :D

You Might Also Like

8 komentar

  1. Gue blm nonton... yaudah gtu aja bhayyy...

    BalasHapus
  2. Gue.Belum.Nonton.
    Bener banget kalau Knet itu kritis (tapi kadang lebay) dan mungkin karena disana itu jaringanya LTE *haha* jadi cepet banget berita kesebar. Kalau udah di kritik knet pasti deh berasa di teror.
    Itu jungpal versi alay ya? wkwk. Ada Kim Hee Chan, Mba Della pasti suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kritis ama lebay emang beda tipis ya wkwkwk

      Disini nggak ada Kim Hee Chan nya mbak.. film yg ada dia sm Jun Yeol mah msh upcoming :P

      Hapus
    2. Nontonnya dimana ya udah cari kemana2 ngga ada drakornya 🥺

      Hapus
  3. gw udh nonton film itu.. lumayan seru juga meski berdurasi hamper 2 jam tapi gw gk merasa lama gitu, filmnya lumayan mengandung misteri dan sangat menarik untuk diikuti.
    gw suka di film ini ada lee jo seung .. dia memang pas sekali jadi tokoh yang tertuduh melakukan kejahatan kyk di drama pinnochio xD
    tapi untuk endingnya ane rasa ada sesuatu yg kurang gitu seperti saat ane mengharapakan sesuatu yang besar tapi dapatnya itu doang.. tambah nasib lee jo seung yg bikin penasaran setengah mati bikin gantung :/..klo dari ane, ane kasih nilai 3/5 lah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju sih klo soal ending..film nya oke tp gak pke bgt.. tp seru *labil*
      Lee Jo Seung tuh muka unyu yg tertuduh ya wkwkwk

      Hapus
  4. ga ngerti endingnya,terus ha young atau becca itu bunuh diri atau dibunuh sih? gagal paham nih
    apa efek nonton tengah malem ya jd ga nyampe? wkwk

    BalasHapus

Bagaimanapun kronologisnya kalian bisa sampai di Notes gue ini, entah sengaja karena suka tulisan gue atau karena nyasar semata, pokoknya terima kasih karena sudah mau berkunjung dan berkomentar ^^