Welcome to my notes !

Anggiify Notes

Notes suka-suka

NAE CURHATS : NEBY KU KECANTOL ADWARE

By 13.38.00 , , ,




Judulnya udah FTV banget nggak tuh?

Beberapa minggu lalu si Neby sempet terserang demam pancaroba gitu. Kalau ibarat manusia mungkin Neby flu gara-gara keseringan main. Saat itu gue lagi Blog Walking-an, kebetulan blog yang lagi gue jelajah itu blog nya Mbak Della, artikelnya OST Drama Ciprat- ciprat cinta. Pas gue buka beranda blog Mbak Dell muncul iklan pop up game poker yang kedip-kedip “Setdah.. mbak Dell pasang ginian nih?” batin gue. Tanpa menaruh rasa curiga apapun gue meneruskan BW-an. Ternyata si iklan poker itu muncul juga di blog-blog yang lain, tapi gue masih nggak curiga “Mungkin game ini lagi musim di pasang di blog” batin gue yang kedua kalinya. Gue baru ngeh kalau ada yang nggak beres saat gue buka blog gue sendiri, itu si iklan poker nangkring juga menutupi 50 % beranda gue malah. Gue coba klik satu judul artikel di blog gue tapi kok malah mengarah ke new tab yang ngaco. Gue coba buka artikel di blog orang juga sama kayak gitu malah mengarah ke website yang nggak jelas. Kemudian gue coba close firefox nya dan open lagi, masalah kedua muncul Home Page firefox gue sebelumnya adalah Google tapi kok sekarang malah Mystartsearch? Search engine yang bahkan gue nggak pernah denger sebelumnya. Gue coba balikin lagi supaya Google jadi home page, tapi tetep nggak ada perubahan.
Tampilan home page gue yang berubah jadi Mystarstsearch

Gue pun mulai curhat sama om gugel dan doi bilang kalau Neby gue terinfeksi AdWare. AdWare apaan tuh? Ternyata dia masih saudaraan sama Malware. Singkatnya AdWare ini sejenis virus yang berisi iklan-iklan yang menempel pada browser. AdWare sifatnya memang nggak bahaya tapi kan ANNOYING! Lalu darimana datangnya si AdWare yang menempel di PC gue ini? Ternyata AdWare sering ikut pada saat kita sedang mengunduh suatu software dari sebuah website yang memasang iklan pop up, Apalagi kalau misalkan itu adalah software atau file gratisan (o-ow apakah sering donlod drama korea juga salah satu penyebabnya?) Padahal gue sendiri nggak abis menginstall aplikasi apapun loh.. tapi memang itu yang terjadi, ternyata ada juga program AdWare yang otomatis terinstall tanpa sepengetahuan pengguna. Gak sopan! Dan yang tertanam di browser gue adalah si program Mystartseach.

Setelah tau penyebabnya gue pun mencari solusinya supaya si AdWare ini minggat. Om gugel bilang kalau gue bisa langsung uninstall aplikasi yang “aneh” dari Control Panel. Tapi setelah gue cek Control Panel gue malah ragu, takut salah uninstall. Padahal gue kan tinggal cek aja mana aplikasi mencurigakan yang terinstall selama dua hari terakhir. Gue yang bimbang memilih untuk uninstall Firefox dan download yang baru, hasilnya tetap nihil si iklan masih gentayangan di blog gue dan semua link yang gue klik mengarah ke website nggak jelas. Ottokhe???!! GUE NGGAK MUNGKIN BERHENTI BUAT DOWNLOAD DRAMA KOREA JUGA DOONG >.<

Walau dengan perasaan was-was gue yakin kalau masalah ini masih bisa gue tanganin sendiri tanpa harus ke abang service. Sama seperti sebelumnya saat gue berhasil  memberantas Malware yang menclok di Neby beberapa bulan lalu. Tiba-tiba gue malah takut malu sama diri gue sendiri, “Lo dulu sekolah SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, masa ngusir AdWare aja kagak tau?” teriak bayangan dalam cermin *anak siapa sih ini? Masih sempet ngalay aja*

Gue pun bertanya lagi pada om gugel, kali ini si om menyarankan deretan aplikasi untuk mengusir AdWare. Tapi gue lagi-lagi ragu, why? karena si Neby ini punya OS Windows 8.1 yang nggak bisa sembarangan install aplikasi bahkan anti-virus sekalipun. Salah satu dari aplikasi yang disarankan adalah AdwCleaner. Maka gue pun tanya pada seorang sesepuhnya pengguna OS Windows yang gue kenal (?) di twitter. Saat gue gelisah karena sesepuh jawab nggak tau apa AdwCleaner aman untuk Windows 8.1, gue menemukan artikel soal AdwCleaner di forum Win Poin. Alhamdulillah.. kalau AdwCleaner termasuk app yang disarankan Win Poin gue percaya berarti itu app aman kalau gue pasang.

Maka tanpa ragu gue pun mendowload dan menginstall nya. Aplikasinya simple bin efektif, gak rempong pokoke. Setelah app terpasang di PC, tinggal klik RUN – SCENE – DELETE – CLEAN Kemudian RESTART PC. Voila!!! Saat gue coba menjalankan Firefox, home page nya balik kel default dan blog-blog yang gue buka pun bersih kembali, link nya udah nggak ngaco lagi^^.
penampakan applikasi AdwCleaner kalau di buka
Begitulah liku-liku perjalanan gue saat mencoba mengusir AdWare yang nyantol ke Neby kesayangan gue.. semoga ceritanya bermanfaat ya hihihi.

You Might Also Like

8 komentar

  1. Iya emang nge DL drama korea itu banyak virusnya, sebelum masuk ke link DL an biasanya suka ke buka beberapa tab dan itu lah virusnya..

    Emng laptopnya ga di pasangin antivirus nggi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya klo win 8 gak perlu antivirus teh.. udh ada drsono'a. Nah laptop aku mah klo pasang antivirus yg kita download sendiri malah nge-hang, screen nya jd nge blank item gitu, makanya aku nggak pasang.. tp ada antivirus bawaan nya

      Hapus
  2. Widihhhhh si Anggie lagi cerdas eum..! Eh bener itu Adware amat sangat teu sopan! Nah si adw cleaner ini bisa buat windows 7 ga? Mau memberantas sampah juga nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhahaha iya atuhlah sekali2 bikin tulisan yg bermanfaat.. :D

      Kyak'a mah aman bin lancar jaya juga teh buat di win 7

      Hapus
  3. Anggiiiiiiiiiii, thank you banget udah nulis ini lho! Kebetulan laptop gue juga lagi kena adware ini dan temen yang biasanya ngechek laptop gue lagi sibuk mulu. Nanti pas dirumah gue praktekin ya! :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke sama2 ^^. Alhamdulillah tulisan gue bermanfaat juga. Kalo udh berhasil kabar-kabarin yeh :)

      Hapus
  4. Komputer di tempat kerjaku pernah nih ada tampilan "STAR MY SEARCH" kaya gitu awalnya sih biasa aja nanti juga ilang tapi ko makin hari makin tetep ada huh -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak klo nggak di berantas dia nggak akan pergi sendiri, sangat mengganggu >.<

      Makasi loh udh mampir, nanti aku mampir balik ;)

      Hapus

Bagaimanapun kronologisnya kalian bisa sampai di Notes gue ini, entah sengaja karena suka tulisan gue atau karena nyasar semata, pokoknya terima kasih karena sudah mau berkunjung dan berkomentar ^^